Home / Blog / Traffic Jam Session

31
Jan
Traffic Jam Session
Traffic Jam Session
  • 75 Views
  • 0 Comment
  • articles . tweet2think .

Kemacetan di Jakarta bukanlah menjadi suatu hal yang asing bagi seluruh penduduknya. Kendaraan bermotor yang berbaris hingga sepanjang puluhan meter di jalan raya merupakan pemandangan rutin di pagi hari bagi warga Jakarta. Bagaimana tidak?! Jakarta dengan jumlah penduduk lebih kurang 8 juta jiwa, bertambah dua kali lipat pada pagi hingga sore hari menjadi lebih kurang 15 juta jiwa, karena banyaknya para komuter yang mencari nafkah di kota ini.

Jika kita melihatnya dari kacamata positif, kemacetan di Jakarta adalah salah satu hal yang membuat para investor berani untuk berinvestasi, karena kemacetan yang terjadi menandakan pola kehidupan warganya yang sangat dinamis. Namun, bagaimana jika kita melihatnya dari kacamata negatif?

Kemacetan yang terjadi setiap hari harus diakui membawa dampak buruk bagi banyak orang. Dimulai dari kelelahan mental, stres, hingga mengurangi produktivitas kerja. Namun, bagaimana bagi mereka yang masih tetap survive dengan kemacetan di Jakarta, dan tetap dapat menjalankan aktivitasnya dengan energi positif?

Jawabannya adalah kembali kepada diri Anda sendiri. Penerimaan diri bahwa kita hidup di kota dimana kemacetan merupakan rutinitas yang terjadi setiap hari sangatlah penting. Sehingga rasa kaget dan terkejut ketika menghadapi kemacetan di pagi hari bukanlah suatu hal yang harusnya terjadi lagi.

Merubah pola hidup juga menjadi hal yang dapat membantu kita untuk tetap bertahan menjalankan aktivitas di Jakarta. Membiasakan diri untuk menyediakan waktu cadangan lebih kurang 1 jam dari waktu tempuh Anda seharusnya, dapat membuat diri menjadi lebih tenang berada di tengah kemacetan. Mengatur jadwal aktivitas Anda dengan pertimbangan yang matang juga sangat penting. Dibandingkan Anda harus meeting dengan X di Kuningan, Y di Sudirman, dan Z di Thamrin pada hari Kamis, serta dengan R di Kebayoran pada hari Jumat. Akan lebih baik jika pada hari Kamis Anda melakukan meeting dengan Z, Y, dan R, sedangkan X dijadwalkan ulang pada hari Jumat. Strategi dan pertimbangan matang adalah salah satu cara dalam menghadapi kemacetan.

Dari kemacetan, banyak sekali hal-hal kecil yang bukan hanya menjadi pemandangan, namun dapat menjadi pembelajaran bagi diri. Semangat seorang Ibu paruh baya yang dengan senang hati membungkuskan nasi uduk serta kue-kue basah bagi para karyawan di depan sebuah gedung perkantoran, seorang anak yang tertidur di punggung bapaknya dalam perjalanan menuju sekolahnya dengan motor, ataupun para penyapu jalan yang dengan semangat menyapu sekumpulan daun kering di pinggir jalan seolah tidak menghiraukan kemacetan, adalah sedikit pemandangan yang dapat menginsipirasi atau menjadi pembelajaran bagi diri sebelum memulai hari. Tidak ada gunanya meributkan hal yang berada di luar kontrol kita, jika kita belum dapat menjalankan semua hal yang ada di dalam kontrol diri kita dengan maksimal.

Apa keindahan yang Anda lihat dalam kemacetan?

written by: @DikaPradipta

0 COMMENTS
LEAVE A COMMENT