Home / Blog / Dialogues (tv/radio/published) / Fun Office, Great Place to Work!

28
Jan
Fun Office, Great Place to Work!
Fun Office, Great Place to Work!
  • 75 Views
  • 0 Comment
  • CosmoCareer . dialogues .

Perusahaan Software “SAS” di Amerika Serikat, menduduki peringkat satu sebagai The Best Companies To Work For (2010) versi majalah Fortune. Rahasia perusahaan ini adalah menciptakan suasana kerja yang FUN sehingga membuat karyawan merasa betah seperti sebuah keluarga besar. Dan tentunya dengan berbagai benefit yang bisa dinikmati oleh seluruh karyawan perusahaan. Seperti misalnya fasilitas tempat penitipan anak, medical centre gratis dengan 4 dokter praktek, cuti sakit yang tak terbatas, fitness centre sampai summer camp untuk anak – anak. Hasilnya, SAS tercatat sebagai salah satu perusahaan software paling menguntungkan di dunia dengan catatan turn – over karyawan terendah yaitu hanya 2% saja. (Sumber: CNN)

Tidak hanya SAS, banyak perusahaan besar dunia seperti Facebook, Google, Dreamworks, dan lain – lain memiliki suasana kerja yang FUN dan karyawan yang setia.

Mungkinkah menerapkan budaya perusahaan seperti ini di Indonesia?

Beberapa insights dari pembicaraan kali ini:

  • Fun di lingkungan kerja sangatlah berbeda-beda. Hal terpenting adalah bahwa setiap individu harus memahami definisi “fun” secara pribadi.
  • Fun juga tidak terkait dengan fasilitas kerja/kantor yang lengkap, melainkan bagimana mengoptimalkan penggunaan fasilitas yang ada dengan cara yang fun.
  • Menciptakan suatu konsep lingkungan kerja dengan gaya tertentu, harus tahu terlebih dahulu KENAPA lingkungan kerja seperti itu dibutuhkan dan APA yg bisa didapat dengan lingkungan seperti itu.
  • Fun juga bukan berarti suasana kerja yang “gila” dan melupakan pekerjaan, melainkan menciptakan suasana kerja yang mendukung berkembangnya ide2 kreatif.

0 COMMENTS
LEAVE A COMMENT