Home / Blog / The Next Big Thing

08
Aug
The Next Big Thing
  • 96 Views
  • 0 Comment
  • articles . passionate working life .

Identitas apa saja yang saat ini menempel pada diri Anda? Posisi, jabatan, nama perusahaan, gelar sarjana, dan bisa apa saja yang memberikan ‘pride’ tersendiri ketika kita mengucapkan atau menyampaikannya kepada orang lain.

Beberapa waktu yang lalu, dalam satu sesi seminar bersama young leaders, kami mengajukan pertanyaan ini: “Jika gelar atau atribut tersebut Anda lepaskan, apa yang tersisa di diri Anda?” Pertanyaan yang menarik karena berbagai jawaban bisa keluar, bahkan  beberapa orang kesulitan untuk menjawabnya.

Jika pertanyaan ini kami tanyakan kepada Anda, what’s your answer?

Betul, untuk mendapatkan gelar atau jabatan kita memerlukan kerja keras dan waktu untuk mencapainya. Tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Tetapi, diri Anda, achievement yang Anda raih, passion yang ditekuni, kontribusi bagi orang lain jauh lebih diingat dari sederet gelar yang tertulis di Business Card Anda. Mengapa? Karena kontribusi dan achievement Anda yang lebih diingat oleh orang lain.

“What have I done for the past three months?” Tanyakan hal ini pada diri Anda sendiri. Apa yang Anda rasakan saat mengingatnya? Apakah anda tersenyum puas, ataukah merengut kesal, atau terasa datar bahkan anda lupa? Menjalani aktivitas bukan sekedar ada dan menyelesaikannya tetapi bagaimana peran Anda memberi makna terhadap prosesnya sehingga di akhir setidaknya Anda dapat tersenyum puas untuk hasil yang dicapai. Jangan lupa untuk menambahkan gratitude, baik dalam mengapresiasi orang lain sampai pembelajaran yang diterima diri sendiri.

Terakhir, hal unik yang sering terjadi adalah saat ego kita memainkan perannya. Dengan posisi jabatan tertentu, kita terjebak untuk menjadi ‘yang paling tahu’, padahal ada hal-hal yang kita tidak tahu. Mengetahui apa yang kita tidak tahu dan apa yang kita ingin tahu membantu untuk tidak terjebak dalam situasi ini.

Your NEXT BIG THING is not about what you have now, but it’s about what you want to achieve in your life. It’s about who you want to be, what you want to do.

Kenali kelebihan dan kekurangan Anda, dan maksimalkan hal-hal tersebut untuk meraih tujuan Anda. Ciptakan perubahan di dalam hidup Anda. Jadilah pribadi yang dapat diandalkan, jadilah pribadi yang dapat memberikan dampak positif bagi orang lain.

Be positive, you are the owner of your own journey!

– Bernadetta Anjani

0 COMMENTS
LEAVE A COMMENT