Home / Blog / Workshops / Building Relationship vs. Building Partnership

14
Mar
Building Relationship vs. Building Partnership
Building Relationship vs. Building Partnership
  • 76 Views
  • 0 Comment
  • BCA . professional lobbying . workshops .

Apapun jenis pekerjaan Anda, baik di bidang layanan, penjualan maupun kepemimpinan, selalu terlintas kata-kata membentuk “hubungan” dengan orang lain. Di abad 21 ini, membentuk hubungan saja tidak cukup. Tetapi, hubungan seperti apa yang ingin diciptakan? Sehingga hubungan tidak hanya sekedar adanya koneksi antara satu sama lain, tetapi mulai terjadi partnership.

Apa itu sebenarnya partnership? Apa bedanya dengan hanya sekedar hubungan?

Hubungan seperti apa yang Anda miliki sekarang? Ketika menilai hubungan yang Anda miliki dengan orang lain, pertanyakan apakah hubungan itu hanya sekedar (i) transaksional, (ii) masih beruba prospek, (iii) terjadi eksploitasi, atau sudah menjadi sebuah (iv) partnership? Contohnya, proses tawar menawar di depan tanpa terjadinya diskusi tentang manfaat itu sangat transaksional, sehingga Anda akan sangat mudah dilupakan. Kalau eksploitasi/prospek, ada salah satu dari pihak yang belum/tidak ingin terjadinya partnership. Ketika partnership ini terjadi, kedua belah pihak telah memiliki rasa percaya yang tinggi antara satu sama lain, mulai terbentuk rasa ketergantungan dan pastinya banyak diskusi-diskusi menarik yang terjadi.

Partnership tergantung dari cara Anda memposisikan diri dan pola pikir Anda. Ketika Anda merasa minder, terlalu pede ataupun negatif maka akan susah membentuk partnership ini, karena tanpa Anda sadari, ini terlihat dari cara komunikasi/berbicara Anda. Di kelas BCA kali ini, masing-masing peserta direkam cara komunikasinya selama 2 menit, dan para AO pun bisa melihat sendiri bagaimana mereka memposisikan diri – terutama apakah mereka telah memproyeksikan partnership itu sendiri.

Apakah Brand Image Anda membuat orang lain ingin berpartner dengan Anda? Well, ini juga seru. Karena ternyata dengan penampilan dan cara Anda membawa diri bisa mempengaruhi orang lain untuk berpartner dengan Anda. Banyak yang bilang, “don’t judge a book by its cover.” Tetapi first impression bisa membunuh atau menjual Anda.

Terimakasih BCA untuk diskusi kali ini. Mudah-mudahan Anda bisa terus meningkatkan partnership Anda dengan customers.

0 COMMENTS
LEAVE A COMMENT